Kisah Seorang Pastur Masuk Islam

Kisah perjumpaan Sayidina Khalid Ibnul Walid dan seorang pastur.

 Suatu kisah di zaman beliau ada seorang pastur dari kaum nasarani yang mana selalu beribadah dalam agamanya disebuah goa selama bertahun-tahun lamanya, dan selalu keluar dalam satu tahun untuk menemui umatnya yang selalu menunggu dihari tersebut untuk menemui sang pastur dan meminta petunjuk dari sang pastur tersebut.
Suatu hari yang semestinya pastur itu keluar tapi belum keluar juga, sedangkan para kaum sudah menunggunya untuk menerima petunjuk yang diberikan pastur tersebut, tidak lama kemudian pastur itu keluar untuk memberi petunjuk kepada kaumnya, akan tetapi setelah memandang kepada kaumnya dia tidak memberikan petunjuk, akan tetapi dia berkata diantara kalian ada seorang muslim dan aku tidak akan memberikan petunjuk kalau dia masih ada, kemudian berkata keluarlah engkau?
akan tetapi seorang muslim itu tidak keluar, dan pastur itu berkata lagi: aku tahu engkau ada diantara mereka keluarlah? dan orang itu tidak keluar juga.
Ternyata didalam situ ada salah seorang sahabat nabi yaitu sayidina Khalid bin Walid, dan beliau tidak keluar bukan karena takut (sayidina Khali dijuluki SHAIFULLAH, PEDANGNYA ALLAH, dan pedangnya ALLAH tidak akan takut menghadapi siapa pun) akan tetapi ia ingin melihat sampai dimana pastur itu menginginkan ia keluar, setelah tiga kali pastur itu bicara menginginkan ia keluar, beliau Sayidina Khalid bin Walid keluar dan menghampiri pastur tersebut.
Kemudian pastur itu bertanya kepada Sayidna Khalid,
Pastur: siapa engkau?
Khalid: aku seorang muslim.
Pastur: engkau sahabat MUHAMMAD?
Khalid: iya.
Pastur: apakah engkau dari pembesar sahabat atau sahabat yang biasa saja?
Khalid: aku bukan pembesar sahabat dan pula bukan sahabat yang biasa.
Pastur: kalau begitu siapa engkau?
Khalid: aku Khalid ibnul Walid.
Pastur: kalau begitu aku ingin bertanya kepada-mu,
Pastur: MUHAMMAD pernah berkata,bahwa ALLAH menciptakan Syurga?
Khalid menjawab: iya benar
Pastur: MUHAMMAD juga berkata,bahwa ALLAH juga menciptakan didunia beberapa hal yang juga diciptakan di akhirat?
Khalid: iya benar.

Pastur: kalau begitu jawab pertanyaan-ku, ALLAH menciptakan pohon di syurga yang rantingʚ-rantingnya menembus jendela-jendela bangunan yang ada di syurga, apakah ALLAH juga menciptakannya di dunia?
jawab Khalid: iya, itu adalah Matahari.
(Matahari jika sudah terbit cahayanya mengelilingi alam sampai menembus jendela-jendela yang ada di seluruh muka bumi)
Pastur: benar,berarti engkau lebih baik dari Abu bakar?
Khalid: tidak, Abu bakar adalah Khalifah RASULALLAH dan orang yang percaya dan paling dipercayai oleh RASULULLAH, aku tidak ada apa-apanya dibanding Abu bakar.
Pastur: aku ingin bertanya lagi padamu, ALLAH menciptakan di dalam Syurga ranjang/tempat tidur yang tingginya kurang lebih seribu tahun untuk mencapainya, dan apa bila ranjang tersebut ingin di naikan maka ranjang tersebut turut untuk bisa di naiki kemudian setelah di naiki maka ranjang itu kembali ke asalnya (di tempat yang tinggi), apakah ALLAH menciptakan hal yang sama di dunia?
Khalid: iya benar, itu adalah Unta.
(Unta apabila ingin dinaiki dia turun merapat ke tanah dan setelah dinaiki dia kembali ke berdirinya seperti semula)
Pastur: benar, kalau begitu engkau lebih baik dari Umar?
Khalid: tidak, Umar Al-Faruq (yang membedakan yang haq dengan yang bathil) aku tidak ada apa-apanya di bandingkan dengan Umar.

Pastur: kalau begitu aku ingin bertanya lagi pada-mu, ALLAH menciptakan empat telaga di Syurga, yang satu dari susu dan yang satu dari khamer (minuman anggur) yang satu dari madu dan yang satu dari tawar, apakah ALLAH menciptakanya juga di dunia seperti itu?
Khalid: iya benar, itu adalah yang satu air ludah rasanya: tawar, yang satu air hidung: bau, yang satu air kuping: pahit, yang satu lagi air mata: asin.

Pastur: benar, kalau begitu engaku lebih baik dari Utsman bin Affan?

Khalid: tidak, Utsman adalah pembesar sahabat dan Utsman yang memiliki dua cahaya nabi(artinya menikahi dua putri nabi), aku tidak ada apa-apanya dibanding Utsman.

 Pastur: kalau begitu aku ingin bertanya lagi pada-mu, ALLAH menciptakan untuk penghuni Syurga dapat memakan apapun yang diinginkan tanpa merasa ingin membuang yang dimakannya(buang air besar/kecil), apakah ALLAH menciptakannya didunia?

Khalid: benar, Janin (janin memakan sari pati dari makanan yang dimakan oleh si-ibu akan tetapi dia tidak membuangnya/mengeluarkannya lagi).

Pastur: benar, kalau begitu engkau lebih baik dari Ali bin Abi Thalib?

Khalid: tidak, Ali adalah pembesar sahabat nabi dan dialah anak kecil yang pertama kali masuk islam,dan dia adalah pintu dari kotanya ilmu, aku tidak ada apa-apanya dibandingkan Ali.
Pastur: kalau begitu aku ingin bertanya lagi padamu.!
Khalid: tidak,engkau telah bertanya pada-ku, kini aku ingin memberikan pertanyaan kepada-mu, apa kuncinya pintu Syurga?
Pastur: kuncinya ialah beriman kepada isa ibnu mariam.
Khalid: jangan engkau berdusta dihadapan umatmu, engkau mengetahuinya tapi engkau mendustakannya.
Pastur: iya aku tau, sebenarnya kuncinya ialah beriman kepada nabi MUHAMMAD SAW, dan aku ingin memberitahukan kepada seluruh umat bahwa aku mulai saat ini beriman kepada nabi MUHAMMAD SAW, dan bagi siapapun umat yang menunggu petunjuk bahwa inilah petunjuknya, bagi yang ingin mengikutinya silakan.
Seraya seluruh umat dari kaum nasarah yang menunggu petunjuk dihari tersebut semuanya masuk kedalam agama islam setelah mendengarkan lantunan syahadat yang dilantunkan oleh sang pastur tersebut dihadapan sayidina Khalid dan seluruh umatnya.

semoga dengan kisah ini bertambah keimanan kita kepada nabi MUHAMMAD SAW,dan semoga dengan keimanan kita kepada nabi MUHAMMAD SAW kita dapat meraih syurganya ALLAH TA’ALA…amiiin ya ROBBAL alamin.

Tentang Marjohan

Seorang anak desa dengan segala lika - liku kehidupan dan cobaan...
Pos ini dipublikasikan di Dunia Islami. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s