BUKITTINGGI PADA MALAM TAHUN BARU

Setiap malam tahun baru kota Bukittinggi sanggat ramai dikunjungi oleh masyarakat yang akan merayakan malam tahun baru di Kota Bukittinggi. Dari berbagai daerah baik dari dalam maupun luar propinsi Sumatera Barat seperti dari Riau, Jambi, Bengkulu dan Medan. Bahkan ada yang sengaja datang dari luar Sumatera seperti dari Pulau Jawa dan bahkan dari Luar Negeri terutama dari Singapura dan Malaysia.

Malam tahun baru di Kota Bukittinggi berpusat di Taman Jam Gadang, Sepanjang jalan Sudirman dan Lapangan Wira Braja(Lapangan Kantin). Mulai pukul 16.00 Wib sampai dengan pukul 03.00 Wib, jalur akses menuju Jam Gadang ditutup untuk semua jenis kendaraan, dan hanya diperbolehkan khusus untuk pejalan kaki. Berbagai macam hiburan diadakan diantaranya seperti konser gratis group Band – band lokal. Sedangkan acara spesipik dalam rangka menyambut malam tahun baru yaitu pesta kembang Api dimulai dari jam 19.00 Wib sampai pagi.

Ribuan dan bahkan jutaan umat manusia dari berbagai etnis, bermacam status sosial, dan usia memadati Kota Bukittinggi khususnya dari lapangan Wirabraja, Jln.Sudirman dan Taman Jam Gadang yang menjadi tempat dan pusat perayaan malam tahun baru. Bahkan tidak jarang puluhan orang yang pingsan karena lemas akibat terjepit dan terinjak karena saking padat dan rapatnya pengunjung yang seolah menjadi lautan umat manusia.

Karena kendaraan dilarang masuk, untuk jalan kaki saja dari lapangan Wirabraja menuju Taman Jam Gadang yang hanya berjarak sekitar 800 meter, untuk situasi normal bisa ditempuh dengan waktu sekitar 10 sampai 15 menit, dan pada malam tahun baru bisa membutuhkan waktu sampai 2 jam.

malam tahun baru di bukittinggi

malam tahun baru di bukittinggi

Bagi masyarakat yang ingin mencari tempat yang bagus untuk merayakan malam tahun baru di lokasi taman Jam Gadang biasanya jam 17.00 wib, sudah harus datang kesana dan mencari posisi yang bagus dan strategis. Agar dapat menyaksikan pesta kembang api dari berbagai penjuru. Tidak jarang ada yang membawa tikar, bekal persediaan makanan, jaket untuk melawan dinginnya malam dan sebagainya.

Diimformasikan kepada seluruh pembaca, supaya tidak terjebak dengan situasi yang tidak menguntungkan, atau yang dapat membahayakan keselamatan pribadi dan keluarga, bagi pengunjung yang berminat merayakan malam tahun baru di kota Bukittinggi, seandainya mempunyai fisik lemah, atau membawa anak kecil janganlah berniat merayakannya di taman Jam Gadang, lebih baik di Lapangan Wirabraja atau di lokasi lain dalam kota Bukittinggi yang tidak begitu padat pengunjung.

Tentang Marjohan

Seorang anak desa dengan segala lika - liku kehidupan dan cobaan...
Pos ini dipublikasikan di Seputar Polresta Bkt. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s