MINANG FANTASY

MIFAN WATERPARK PADANG PANJANG

MIFAN WATERPARK PADANG PANJANG

Salah satu Objek Wisata dan Rekreasi terbaru, termegah, terindah, serta termahal di Sumatera Barat saat ini yang bisa mengimbangi objeg wisata lain di Indonesia adalah Minang Fantasy yang lebih terkenal dengan singkatan Mifan.

MIFAN WATERPARK PADANG PANJANG

MIFAN WATERPARK PADANG PANJANG

Objeg Wisata ini bergerak di bidang pemandian (Water Boom) dan sarana rekreasi lainnya untuk hiburan anak-anak seperti di Dunia Fantasy ala Sumatera Barat.

Fahri di depan kolam tumpah

Fahri di depan kolam tumpah

Walau harga tiket masuk terlalau mahal untuk ukuran ekonomi rata-rata orang Sumatera Barat pada umumnya yaitu Rp.35.000/kepala.

Namun setiap hari Minang Fantasi selalu ramai pengunjung, terlebih pada hari libur. Pada lebaran idul fitri 1429 H yang lalu harga tiket masuk Minang Fantasy sebesar Rp.50.000.Tetapi walaupun mahal pengunjung tetap sangat ramai dan hampir memadati seluruh area Minang Fantasy. Disamping rekreasi pemandian dan sarana hiburan anak-anak, di lokasi Mifan juga terdapat perkampungan minang. Berbagai bangunan khas dari beberapa daerah Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat juga ada disana. Sambil berekreasi pengunjung bisa lebih mengenal budaya Minang Kabau dan beberapa daerah sekitarnya.

Minang Village

Minang Village

Untuk pembaca ketahui sebelum dibangun Minang Fantasy, di lokasi tersebut lebih dikenal dengan sebutan perkampungan Minang atau Minang Village. Karena sekitar tahun 1988 sesuai informasi yang penulis dapatkan dari salah satu tokoh masyarakat di daerah tersebut, yang mana pemerintah Kota Administratif Padang Panjang waktu itu memohon kepada sekitar 40 orang tokoh adat, tokoh ulama, tokokh masyarat dan tokoh pemuda Silaiang Bawah untuk dapat mengelola tanah milik kaum/adat dilokasi tersebut untuk dijadikan perkampungan Minang atau lebih dikenal dengan nama Minang Village sebagai mana penulis ceritakan diatas sebagai salah satu upaya untuk melestarikan Budaya Minang Kabau.Dan karena rencana yang bagus maka para tokoh tersebut bersedia memberikan lokasi itu ke Pemda , sehingga pada bulan Desember 1990 diresmikan.

Perahu Elektric

Perahu Elektric

Sebagai input balik dan rasa terima kasih dari Pemda, beberapa tokoh masyarakat didaerah tersebut telah diangkat jadi pegawai negeri di jajaran pemda Padang Panjang.

Minang Fantasy

Minang Fantasy

Karena kurangnya pengelolaan akhirnya perkampungan Minang atau Minang Village sepi dari pengunjung, sehingga Pemda Padang Panjang timbul keinginan untuk mencari investor yang dapat mengelola lokasi tersebut agar lebih besar manfaat terutama untuk dijadikan sumber income perkapita Pemda Kota Padang Panjang.

Arena meluncur Mifan Waterpark

Arena meluncur Mifan Waterpark

Setelah lama mengalami kebuntuan munculah seorang Investor yang sangat diimpikan oleh Pemda Kota Padang Panjang yang bisa sesuai dengan aspirasi masyarakat. Beliau adalah putra Asli Minang Asal Kota Bukittinggi yang bernama H. Nelson. Pemilik PD Dagang Penyalur yang merupakan distributor dan Suplayer bahan bangunan terbesar di Kota Bukittinggi, Pemilik Niagara Swalayan dan Niagara Fantasy Bukittinggi. Agen tunggal genteng Multi Roof.

Laut Ala Mifan Waterpark Padang Panjang

Laut Ala Mifan Waterpark Padang Panjang

Sebagai seorang investor di lokasi tersebut H. Nelson membangun pusat pemandian Water Boom dengan tidak mengganggu bangunan adat yang sudah ada yang bernama Minang Village. Tetapi secara keseluruhan lokasi wisata dan rekreasi tersebut sekarang diberi nama Minang Fantasy atau lebih dikenal dengan singkatan Mifan.

Kereta Halilintar

Kereta Halilintar

H.Nelson tidak melupakan aspirasi dan keinginan masyarakat setempat, dimana dengan dibangunnya Mifan telah menyerap tenaga kerja yang tidak sedikit. Dan untuk penerimaan tenaga kerja sdr. H. Nelson mengutamakan menerima warga asal daerah sekitar lokasi, sehingga di daerah tersebut sekarang tidak ada lagi pengangguran.

Kincir raksasa Mifan Waterpark Padang Panjang

Kincir raksasa Mifan Waterpark Padang Panjang

Keberadaan Minang Fantasy di Silaing Bawah Padang Panjang menjadi aset wisata yang tidak ternilai dan sumber incam yang besar bagi Sumatera Barat pada umumnya, dan Pemda Kota Padang Panjang khususnya, serta menjadi kebanggaan masyarakat Minang Kabau.

About these ads

Tentang Marjohan

Seorang anak desa dengan segala lika - liku kehidupan dan cobaan...
Tulisan ini dipublikasikan di Seputar Sumatera Barat. Tandai permalink.

50 Balasan ke MINANG FANTASY

  1. ihsanulaf165 berkata:

    da, apo judul lagu backsound uda tu? lupo wak,,, wak suko lagu tu..

  2. febrianto berkata:

    Gk ush ditanggapi komentar jelek diatas pk Nelson,itu orang yang hatinya dengki,orang kalo ber etika atau berpendidikan komentarnya gk kyk gytu,Sukses buat MIFAN.

  3. rezahanafi berkata:

    brp tkt msk &harga vila disna pa.thanks

  4. budi berkata:

    apaan !! pelayanannya parah banget! tidak ada tata krama, waktu saya sewa ban, saya minta ban, ban nya di lemparin , pelayanan apaan coba ?! waktu saya naik bumper boat,perahu nya mati di tengah danau, bilang aja kalo perahu nya tuh ga jalan, aneh banget,ruang bilas nya kotor, joro, bau. saya jauh jauh dari tangerang ke situ, ih amit amit, rugi saya ke situ sumpah nya, saran saya perbaiki segalanya disitu, segalanya ! termasuk petuga petugas wahana yg kurang terdidik tata kramanya !
    makasih, penyesalan datang ke situ , sangat nyesal, no.2 di indonesia apanya, pasti bermimpi mifan sebagai no.2 di indonesia, wassalam

  5. ammili dara nabila berkata:

    aku mau mandi di mifan asyikkkkkkkkkkkkkkkkkkk ………………………………..

  6. boleh tanya pak berapa harga tiket masuknya sekarang…

  7. Deris Mans berkata:

    mantap kali …………….t4 mainan air na
    pokok na bagus lahg

  8. santoso berkata:

    assl. pak ada lowongan kerja untuk perawat gak pak???

  9. Edri Pratama berkata:

    Om…..boleh minta call centre atau contact person MIFAN gak…..mau order booking buat acara corporate nich…Sebelumnya terimakasih banyak nich bantuannya….

    Salam…
    Urang Awak juo-Padang

    Jawaban :
    Maaf ..saya bukan pengurus mifan, hanya orang Sumatera Barat yang ingin mempromosikan wisata Sumbar.

  10. Maju Truss Pariwisata Sumb@r….??>>>

  11. nya berkata:

    NCK BN

  12. nya berkata:

    ndee pngen bna pai k stu>>> tp keADAAN EKONOMI TK MEMUNGKIN KAN

  13. yoga dwipermana berkata:

    bapak & ibuk di pengurus mifan,,,,saya sebagai pengunjung,,saya memberi saran kepada bapak & ibuk pengurus mifan bagusnya dibawah itu (bumber boat) itu dijadikan kolam pemancingan,soalnya zaman sekarang ini orang banyak mengarah ke pancingan itu,jadi dibawah itu biar lebih rame,diberi kolam pemancingan,,kalau tidak bis…a di ganggu gugat lagi bagusnya di buat sebelah fish terapi itu,,,
    itu yg bisa saya saran kan,,terima kasih atas perhatian bapak & ibuk sebagai pengurus mifan !!

    Jawab :Saya bukan pengurus Mifan Mas, saya hanya mempromosikan objek wisata Sumatera Barat.

  14. suci berkata:

    saya ingin
    mandi di water buum

  15. Drs. Triyono berkata:

    selamat dan sukses MIFAN semoga selalu jaya.

    salam, Buat Bpk.H. Aji Nelson pencetus “MIFAN”
    terima kasih.

  16. kiyai berkata:

    kalau bisa di tingkatkan lagi kualitas wahana Mifan seperti Sunway Lagoon di Malaysia atau dufan di Jakarta, sebabtiket masuk yang tidak termasuk permainannya oleh kebanyakan pengunjung agak kemahalan harganya.
    Untuk itu sebaiknya di sediakan juga ticket Packet / All-in.

    Jawab :

    Maaf mas, saya bukan pengurus Mifan, saya hanya mempromosikan objek wisata Sumatera Barat.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s